--> Skip to main content

Apa itu Aktivasi Windows dan Bagaimana cara kerjanya?

Aktivasi Windows adalah metode anti-pembajakan dari Microsoft yg memastikan setiap salinan OS Windows yg diinstal dalam personal komputer asli. Saya yakin Anda pasti sudah melihat pesan Aktivasi Windows pada komputer Anda, dan pada posting ini, kita akan berbicara mengenai apa itu Aktivasi Windows dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Aktivasi Windows & Bagaimana cara kerjanya?
Apa itu Aktivasi Windows & Bagaimana cara kerjanya?

Aktivasi membantu memverifikasi bahwa salinan Windows Anda asli dan belum pernah digunakan pada lebih banyak perangkat daripada yang diizinkan oleh Persyaratan Lisensi Perangkat Lunak Microsoft. Bergantung pada bagaimana Anda mendapatkan salinan Windows 10, Anda akan memerlukan kunci produk 25 karakter atau lisensi digital untuk mengaktifkannya. Sebuah lisensi Digital atau hak adalah metode aktivasi di Windows 10 yang tidak mengharuskan Anda untuk memasukkan kunci produk.

Kunci produk Windows merupakan kode 25 karakter yg dipakai buat mengaktifkan Windows. Ini terlihat misalnya ini:

AAAAA-AAAAA-AAAAA-AAAAA-AAAAA

Jenis Aktivasi Windows

Pada tingkat yang lebih luas, ada dua jenis Aktivasi Windows. Yang pertama berlaku untuk tingkat konsumen, sedangkan yang kedua berlaku untuk tingkat Perusahaan yang melewati Lisensi Volume .

Aktivasi Tingkat Konsumen adalah ketika Anda secara pribadi membeli Kunci dari Microsoft Store atau toko resmi mana pun, sedangkan Volume Licensing adalah ketika Anda mendapatkan Windows yang sudah diaktifkan dari OEM - atau ketika Anda berada di Enterprise, Windows Anda diaktifkan menggunakan kunci KMS atau MAK .

Jenis Lisensi atau Kunci Windows

Anda harus menggunakan kunci produk 25 karakter atau lisensi digital untuk mengaktifkannya. Tombol Digital adalah yang terikat dengan akun Microsoft dan dapat mengaktifkan salinan Windows Anda saat Anda masuk melalui akun yang sama.

Bagaimana cara kerja Aktivasi Windows

Langsung melalui Server Aktivasi Microsoft

Sementara kunci MAK untuk Enterprise, mereka mempunyai kunci konsumen yg sama untuk mengaktifkan Windows.Keduanya bisa diaktifkan bahkan ketika personal komputer melalui instal ulang. Ketika Anda memasukkan kunci & mengaktifkan Windows, detail kunci dikirim langsung ke Server Aktivasi Microsoft.

Server ini memverifikasi apakah kunci tersebut valid jika dapat mengaktifkan lebih banyak salinan Windows, jika kunci telah kedaluwarsa, dan sebagainya. Jika verifikasi gagal, pesan kesalahan Aktivasi Windows yang sesuai ditampilkan di layar pengguna akhir.

Melalui Server Perusahaan

Perusahaan membeli kunci aktivasi Windows secara massal melalui Lisensi Volume. Di perusahaan, tidak setiap komputer perlu terhubung ke Internet. Di sinilah KMS o Server Manajemen Kunci berperan. Microsoft memungkinkan aktivasi beberapa personal komputer menggunakan kunci yang sama. Ketika komputer perusahaan diaktifkan, mereka melewati server KMS yg memverifikasi kunci.

Saya yakin Anda pasti pernah mendengar tentang Aktivasi Windows melalui panggilan telepon , dengan dukungan Microsoft Chat dan sebagainya. Mereka semua bekerja dengan cara yang sama di akhir, yaitu divalidasi oleh Server Microsoft untuk validitas.

Seberapa tak jarang inspeksi Aktivasi Windows dilakukan

Meskipun nir terdapat aturan baku, sehabis diaktifkan akan diperiksa waktu ada perubahan besar . Perubahan ini mampu karena perubahan perangkat keras atau saat Windows diinstal ulang. Pada taraf Perusahaan, beberapa personal komputer perlu terhubung balik ke server perusahaan buat pemeriksaan validasi sementara beberapa membutuhkan kunci baru waktu mereka melakukan instalasi ulang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar