Skip to main content

Cara mengaktifkan DNS melalui HTTPS untuk memblokir pelacakan ISP

Tidak peduli berapa banyak upaya yang kami lakukan buat menghindari dilacak pada internet, ada satu hal yg sepertinya sulit buat dihindari - pelacakan ISP . Lantaran nir terdapat undang-undang yang menghentikan ISP buat memantau, tidak mengherankan bila mereka melakukannya. Namun, ada solusi jika Anda ingin menghentikannya. Dalam posting ini, kami akan memberitahuakn bagaimana Anda bisa mengaktifkan DNS melalui HTTPS buat menghentikan pelacakan ISP .

Apa itu DNS over HTTPS

Ketika Anda mengetik alamat situs web pada browser Anda, itu menemukan alamat IP memakai layanan DNS. DNS ini, kecuali bila dikonfigurasi sebaliknya, ditawarkan oleh ISP Anda. Itu berarti mereka memahami ke mana Anda pulang dan apa yg Anda lakukan, membuatnya jauh lebih mudah buat dilacak dan dibuat profil.

Solusi privasi yg bisa dilarang dianggap DNS over HTTPS. Ia memakai baku enkripsi yg sama dan melakukan resolusi DNS melalui HTTPS. Itu memastikan buat menjaga agresi man-in-the-middle tetap menggunakan enkripsi. Manfaat lain merupakan peningkatan kinerja. Google & Mozilla Foundation mulai menguji versi DNS melalui HTTPS dari tahun lalu.

Blokir pelacakan ISP

Sementara semuanya sedang dalam pengujian, Anda masih dapat memilikinya dengan memakai browser Firefox. Browser menawarkan teknologi enkripsi dan penyedia layanan DNS terenkripsi. Itu sudah menandatangani perjanjian menggunakan Cloudflare untuk membersihkan data apa pun yg dikumpulkannya dan nir memberikannya kepada pihak lain. Mozilla hampir menandatangani penyedia DNS tambahan dengan ketentuan yang sama.

1] Langkah-langkah buat mengaktifkan DNS melalui HTTPS pada Firefox

Buka Firefox dan klik sajian hamburger atau ikon 3 garis horizontal pada sudut kanan atas browser.

Klik Opsi buat membuka ventilasi pengaturan.

Gulir ke bawah untuk menemukan Pengaturan Jaringan> klik tombol pengaturan.

Ini akan membuka jendela popup pengaturan koneksi.

Di bagian bawah, centang kotak pada samping " Aktifkan DNS melalui HTTPS ."

Sampai sekarang, satu-satunya penyedia Cloudflare yang tersedia. Ini merupakan penyedia default, namun karena lebih poly opsi timbul, Anda harus bisa mengubahnya.

2] Langkah-langkah untuk mengaktifkan DNS melalui HTTPS untuk Chrome & browser lainnya

Saat Chrome dan Edge bekerja untuk membawanya ke browser mereka hingga saat itu, Anda dapat mengatur Cloudflare DNS di komputer atau router Anda.

3] Setup DNS melalui HTTPS di Android atau iPhone

Sebagian besar OS Seluler menawarkan Anda untuk mengedit pengaturan DNS. Karena Anda perlu menggunakan Cloudflare, cara termudah adalah menginstal aplikasi Cloudflare di ponsel cerdas Anda. Peralihan sederhana akan memastikan ponsel Anda mulai menggunakan DNS.

Unduh aplikasi dari 1.1.1.1, dan aktifkan sakelar untuk mulai menggunakan DNS terenkripsi. Selesai itu, apa pun yang mengakses internet akan menggunakan DNS melalui layanan HTTPS. Semua lalu lintas Anda akan dienkripsi, membuat Anda aman dari pengintai dan peretas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar